Sponsor

Ilmu penting

Tuesday, March 12, 2019

metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer


METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MUSIK DAN LAGU KONTEMPORER
Muhammad Tufik
Universitas Negeri Malang

Abstrak
Pemanfaatan musik sebagai media pembelajaran yang menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Musik dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual dan emosional sehingga akan memberikan hasil yang baik bagi siswa. Selain itu musik juga mempengaruhi kondisi fisiologis. Kondisi fisiologis yang rilek akan membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar. Releksasi yang diiringi dengan musik membuat pikiran selalu siap dan mampu untuk lebih berkonsentrasi dalam menerima pelajaran. Jika hal tersebut dipergunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di berbagai tingkatan pendidikan maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat membantu dalam pembelajaran bahasa Arab.

Pada masa sekarang ini banyak sekali problematika yang dialami oleh peserta didik atau siswa saat  belajar bahasa Arab, salah satunya adalah problematika tentang kurangnya minat siswa untuk mempelajari bahasa arab.  Permasalahanya adalah siswa sering merasa bosan ketika  belajar bahasa arab dengan metode pembelajaran yang monoton saja. Untuk memecahkan persoalan tersebut, maka diperlukan strategi-strategi belajar yang menyenangkan sesuai dengan usia siswa. Belajar bahsa arab itu mencakup 4 aspek yaitu: Mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis. Pada umumnya siswa kurang menyukai aktivitas membaca, anak lebih suka bermain dan bernyanyi. Pembelajaran yang tepat diterapkan  adalah Bermain, Bernyanyi.
Melalui pembelajaran dengan musik dan lagu siswa diharapkan untuk bisa lebih menyukai bahasa bahasa arab. Oleh sebab itu dalam makalah ini penulis membahas tentang strategi pengajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer supaya  bisa membangkitkan minat belajar siswa untuk belajar bahasa arab dalam hal ini melalui musik dan lagu kontemporer. Penulis beranggapan bahwasannya metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer ini cocok untuk mempelajari dan memahami bahasa arab pada masa sekarang ini, dikarenakan banyak metode-metode yang kurang cocok atau kurang pas untuk diterapkan di sekolah.
Keberadaan musik dan lagu-lagu kontemporer ini bukan hanya menjadi sebuah alat mendengar saja, akan tetapi keberadaan musik dan lagu-lagu kontemporer ini dapat mengevaluasi sebuah gagasan atau ide pokok dari yang didengar. Selain itu musik dan kagu-lagu kontemporer dapat menumbuhkan semangat siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab. musik dan lagu-lagu kontemporer ini dapat menarik belajar siswa. Dan dalam proses pembelajaran ini juga dapat membangkitkan motivasi dan minat baru, membangkitkan keinginan dan rangsangan dalam kegiatan belajar dan membawa pengaruh positif bagi siswa. Dalam hal ini penulis memilih metode ini karena penulis menganggap bahwasannya metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu-lagu kontemporer ini sangatlah cocok bagi siswa dan penulis beranggapan bahwasannya dengan menggunakan metode ini dapat mendorong siswa untuk belajar bahasa arab.
            Pada zaman modern ini sangatlah banyak musik ataupn lagu-lagu yang sangat digemari sama khalayak manusia. Oleh sebab itu banyak musik dan lagu-lagu yang digunakan penulis dalam metode pembelaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer ini, seperti: syair-syair pada zaman dahulu, lagu arab asli, dan juga lagu berbahasa Indonesia yang di bahasa arabkan.
            Oemar Hamalik yang mengungkapkan bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu deskripsi tentang penampilan perilaku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran. Tujuan sangat memegang peranan penting dalam mencapai sesuatu. Seseorang akan berhasil dalam hidupnya apabila ia memiliki tujuan hidup. Tujuan akan memberikan arah serta bimbingan bagaimana seseorang dapat mencapai tujuannya. Begitu juga dalam melakukan pembelajaran, ia memerlukan tujuan agar dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran yang akan dilakukan. Dari pengertian-pengertian di atas maka penulis meggunakan metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer adalah harapan mengenai gambaran perilaku siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik setelah mempelajari pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh guru dengan metode ini.
Metode ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang Metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer, Kelebihan dan kelemahan pada strategi pengajaran Bahasa Arab dengan musik dan lagu kontemporer. Dan juga untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang Lagu yang mudah dan menyenangkan untuk diajarkan kepada murid-murid. maka penulis meggunakan metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer adalah harapan mengenai gambaran perilaku siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik setelah mempelajari pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan oleh guru dengan metode ini.
Metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer ini bermanfaat bagi guru dan siswa. Dengan metode ini memudahkan seorang guru dalam mengajar bahasa arab, siswa mwnjadi aktif dan suasana kelas tidak membosankan. Dan para siswa bisa aktif dan menyenangkan dalam belajar bahasa arab di kelas, dengan aktif dan senangnya siswa belajar bahasa arab dengan metode ini akan memudahkan suatu materi yang diajarkan guru itu dapat dipahami oleh siswa dengan mudah.
Pembahasan:
1. Pengertian dan metode Pengajaran bahasa Arab dengan musik dan lagu kontemporer
Metode merupakan cara untuk bertindak dan keseluruhanya itu diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu. selanjutnya pengajaran bahasa Arab erat sekali hubunganya dengan metodologi pengajaran bahasa arab, karena tidak adanya strategi/ cara/metode dapat menimbulkan kegagalan atau kurang maximalnya hasil pembelajaran. Musik adalah (Jamalus) hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan. Lagu adalah seni nada yang biasanya diiringi dengan alat musik tetapi tidak hanya demikian karena lagu juga bisa dinyanyikan begitu saja, bisa juga diiringi dengan perkusi. Kata kontemporer berarti masa kini. Secara harfiah musik kontemporer berarti musik masa kini. Musik yang tumbuh dan berkembang sekarang. Lamanya tumbuh dan berkembang adalah relatif. Dapat beberapa tahun atau beberapa dasawarsa.
Bahasa arab merupakan salah satu bahasa mayoritas didunia, dan merupakan bahasa Al-Quran yakni kitab suci umat islam didunia ini, maka tentu saja bahasa arab sangat penting untuk dipelajari. Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, terdapat berbagai metode yang digunakan, salah satunya adalah metode dengan musik dan lagu kontemporer. Metode ini sangat cocok jika diterapkan karena bisa menghilangkan rasa bosan siswa ketika belajar bahasa arab. Pada dasarnya karakteristik mereka  suka bermain dan bernyanyi,
Strategi pengajaran bahasa arab denagan musik dan lagu kontemporer: Awalnya guru harus menyiapkan materi lagu  beserta gerakan dari lagu tersebut, setelah itu guru mengajarkan lagu yang telah dipilih dengan cara guru  menyanyikan secara utuh semua lagu, kemudian guru melatih dan mengajak siswa ikut bernyanyi dengan cara guru menyanyikan baris demi baris lirik lagu, dan ulangi proses ini beberapa kali suapaya anak menjadi hafal , setelah murid menghafalkan selanjutnya guru memberi instruksi terhadap murid agar  bersama sama menyanyi dengan gerakan dari lagu tersebut dengan kompak. Berikut ini merupakan Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lagu untuk pembelajaran Bahasa Arab:
  1. Syair atau kata-kata dalam lagu hendaknya jelas.
  2. Bahasa yang digunakan dalam lagu tersebut tidak terlalu sulit
  3. Tema lagu dipilih yang sesuai dengan kebutuhan siswa atau sesuai dengan materi
  4. Lagu tidak terlalu panjang (panjang pendek lagu disesuaikan dengan tingkatan atau kelas siswa
  5. Lagu memiliki keterkaitan dengan materi yang diajarkan.
Dalam memilih media sebaiknya dilakukan dengan teknik pembelajaran yang menarik dan tepat, salah satunya dalam pembelajaran Bahasa Arab kita bisa menggunakan media audio, yaitu dengan mendengarkan lagu, penggunaan lagu sebagai media ajar sangatlah baik dalam pembelajaran bahasa Arab, setiap orang pasti sudah pernah mendengarkan lagu, lagu juga merupakan sumber belajar yang mengandung unsur-unsur bahasa, seperti kosakata, struktur bahasa, dan pengucapan kosakata yang tepat, dari pengamatan penulis yang pernah dilakukan, pembelajaran media ini sangat bagus untuk pembelajaran  bahasa arab, karena pembelajaran yang menggunakan media lagu akan lebih menarik, menyenangkan dan mempermudah pembelajaran.
Media pembelajaran dari media audio pun tidaklah sulit dilakukan, asalkan menyukai lagu-lagu Arab terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu carilah lagu Arab yang disukai terutama yang tempo-nya lambat dan mudah dicerna, kemudian mencari liriknya dari internet maupun sumber lain, bukalah kamus apabila terdapat kata-kata yang sulit dari lagu tersebut, hal ini dilakukan supaya kita bisa mengerti arti lagu tersebut, dan secara tidak langsung kita bisa fasih dalam berbicara / mengucapkan kata-kata dari lirik lagu tersebut serta menambah kosakata dalam berbahasa Arab.
Dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa peranan media pembelajaran dalam pengajaran bahasa Arab sangatlah penting dan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media audio (lagu kontemporer) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan kemapuan berbicara dalam bahasa Arab.
2. Kelebihan dan kekurangan
            Dalam sebuah metode atau strategi pengajaran kita pasti banyak menemukan kekurangan ataupun kelebihan suatu metode, berikut kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran bahasa arab dengan musik dan lagu kontemporer:
1)      Kelebihan:
a)      Siswa menjadi semangat dalam mengikuti pembelaran
b)      Menambah kosa kata baru
c)       Daya ingat menjadi kuat
d)      Memungkinkan intraksi langsung antara guru dengan murid
e)      Menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelaran
2)      Kelemahan:
a)      Kelas mejadi gaduh saat pembelajaran sedang berlangsung
b)      Hanya bisa digunakan untuk mata pelajaran tertentu saja
c)       Jika guru tidak merencanakan dengan baik, maka banyak waktu yang terbuang
3. contoh beberapa lagu yang digunanakan
Sebagaiman telah dipaparkan diatas banyaknya manfaat musik bila digunakan dalam pembelajaran di sekolah, porsi penggunaan masih besar, banyak sekali musik yang sering diajarkan dengan lirik yang sederhana. Lirik sederhana tersebut diganti dengan kalimat dalam bahasa Arab yang sederhana juga dan sesuai dengan logika mereka. Berikut ini lirik yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
Contoh pertama musik yang sering didengar siswa seperti lagu Dua Mata Saya, kemudian diubah menjadi lirik dalam bahasa Arab seperti berikut ini (Lebih baik lagi diiringi dengan instrumen musik yang sesuai).
عَيْناَيَ اثْنَتاَنِ, وَأَنْفِيْ واَحِدٌ
رِجْلاَيَ اثْنَتَان, بِالْحِذَاءِ الجَدِيْدِ
يَدَايَ اثْنَتَانِ, يُمْنَى وَ يُسْرَى
وَفَمِيْ وَاحِدٌ, أَقْرَاءْ بِهِ الْقُرْاءَن
Lirik diatas adalah diambil dari lagu anak-anak berjudul Dua Mata Saya
Dua mata Saya, Hidung saya Satu
Dua kaki saya, pakai sepatu baru
Dua tangan saya, yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti membaca Quran
Contoh lagu yang kedua yang sering dinyanyikan siswa adalah lagu tentang Pelangi yang diubah menjadi lafal bahasa Arab yaitu:
يا قوس قزح ما أجمل لونك
أجمر أصفر أخضر
فى السماء الزرقاء
رسامك عظيم
من هو يا ترى
يا قوس قزح
من صنع الله
Versi Indonesia
Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau
Di langit yang biru
Pelukismu agung
Siapa gerangan?
Pelangi-pelangi ciptaan Tuhan
Contoh yang ketiga yang sering dinyanyikan adalah kalau kau suka hati (diubah menjadi bahasa arab)
Kalau kau suka hati
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدٌ#
لَوْ اَنْتَ سَعِيْد صَفِّقْ يَدَيْك×۲
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدٌ وَقَلْبُكَ مَسْرُوْرٌ
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدصَفِّقْ يَدَيْكٌ
لَوْ اَنْتَ سَعِيْد طَأْ طِئْ رَأسَكَ×٢
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدوَقَلْبُكَ مَسْرُوْرٌ
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدٌطَأْ طِئْ رَأسَكَ
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدٌ تُسْفِى رِ جْلَيْكَ×۲
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدوَقَلْبُكَ مَسْرُوْرٌ
لَوْ اَنْتَ سَعِيْدٌتُسْفِى رِ جْلَيْكَ×۲
# Kalau Kau suka hati #
Kalau Kau suka hati tepuk tangan 2X
Kalau Kau suka hati dan hatimu gembira
Kalau Kau suka hati tepuk tangan
Kalau Kau suka hati angguk kepala 2X
Kalau Kau suka hati dan hatimu gembira
Kalau Kau suka hati angguk kepala
Kalau Kau suka hati hentak bumi 2X
Kalau Kau suka hati dan hatimu gembira, Kalau Kau suka hati hentak bumi
            Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh yang lain, baik yang tersebar di internet maupun yang sudah ada di buku pelajaran bahasa Arab siswa. Hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kreatifitas dan inovasi seorang guru dalam menciptakan lirik dalam bahasa Arab serta dipadukan dengan musik yang sering didengar anak.

PENUTUP
 Musik dan lagu kontemporer merupakan suatu nada atau bunyi yang di nyanyikan dengan alat-alat musik. Musik dan lagu kontemporer disukai dari berbagai kalangan anak-anak, anak muda bahkan orang tua. Musik dan lagu kontemporer ini  cocok untuk metode pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa arab. Pada zaman ini banyak musik ataupun lagu-lagu menggunakan bahasa arab, atau juga lagu-lagu Indonesia yang di terjemahkan ke dalam bahasa arab, itu bisa digunakan untuk pembelajaran bahasa arab yang efektif. Dalam menggunakan musik dan lagu kontemporer untuk pembelajaran bahasa arab, ada kelebihan dan juga kelemahannya. Seperti siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan suasana kelas menjadi gaduh saat pembelajaran berlangsung.
Dalam meninggatkan motifasi belajar siswa, guru adalah orang yang paling berpengaruh untuk meningkatkannya. Maka ada baiknya seorang guru dapat mengetahui watak, masalah yang sedang dialami oleh siswa. Guru juga harus pandai memberikan pencerahan dalam proses belajar dengan menggunakan metode-metode yang menyenangkan, seperti, dengan musik dan lagu kontemporer atau dengan metode lainnya yang dapat dipahami oleh siswa, sehingga siswa akan tertarik untuk mempelajari bahasa arab dan juga memiliki motivasi untuk mempelajarinya. Orang tua termasuk dalam daftar orang yang berpengaruh dalam memotivasi siswa, orang tua tidak dapat melepas semua kegiatan belajar anak kepada guru dan sekolah. Tugas orang tua juga harus selalu mengawasi anaknya dalam proses belajar, tidak boleh membiarkan anaknya.


           






No comments:

Post a Comment